top of page

- Talangan Gaji -
Pinjaman Pekerja Migran Indonesia (PMI)

image.png

Pinjaman Talangan Gaji PMI adalah kredit yang diberikan kepada debitur/calon debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau gaji (fixed income) dengan jangka waktu antara 2 (dua) sampai 6 (enam) bulan. Pinjaman ini ditujukan untuk PMI yang memiliki kebutuhan mendesak, namun masih menunggu pembayaran gaji berikutnya atau saat kurs sedang tinggi tetapi tanggal gajian masih lama, sehingga PMI dapat melakukan pengiriman uang terlebih dahulu dengan menjaminkan saldo tabungan PMI di BRI Indonesia dengan nominal minimal sebesar pinjaman yang akan diajukan. Berikut contoh dari Pinjaman Talangan Gaji PMI:

Latar Belakang:
Ibu Ani merupakan seorang PMI yang bekerja di Taiwan sebagai Caregiver. Ibu Ani menerima Gaji sebesar TWD 24,000 pada tanggal 25 setiap bulannya. Secara rutin Ibu Ani mengirimkan uang gaji ke rekeningnya di BritAma Rupiah sebesar TWD 20,000. Sisanya sebesar TWD 4,000 dipegang ibu Ani untuk kebutuhan sehari-hari.


Kondisi:
Suatu hari tanggal 25 Januari 2024, setelah menerima gaji, Ibu Ani ke BRI untuk mengirimkan uangnya sebesar TWD 20,000. Pada hari itu, kurs sedang tinggi yaitu sebesar TWD 1 = IDR 503. Ibu Ani yang melihat kurs sedang bagus kemudian berpikir untuk menambah tabungannya, namun tanggal gajian Ibu Ani masih satu bulan lagi.


Solusi:
BRI Taipei Branch dapat memberikan Pinjaman Talangan Gaji PMI kepada Ibu Ani dengan menjaminkan Uang Gaji bulan Januari yang dikirimkan ke tabungan di BRI Indonesia pada tanggal 25 Januari tersebut. Adapun skema pinjamannya adalah sebagai berikut:

Disamping mendapatkan pinjaman diatas, Ibu Ani juga dapat menikmati diskon biaya kirim uang sebesar 50% dan mendapatkan kurs spesial yang lebih baik dibandingkan dengan kurs umum (counter) hari itu (misalnya hari itu kurs 503, maka kurs special yang bisa dinikmati Ibu Ani adalah sebesar 505 untuk pengiriman uangnya)! 
 

Kesimpulan:
Dengan demikian, pada tanggal 25 Januari, Ibu Ani akan menerima total sebesar IDR 20,200,000 yang berasal dari kiriman Gaji pada bulan Januari sebesar TWD 20,000, dan Pinjaman Talangan Gaji PMI sebesar TWD 20,000 yang dikirimkan dengan kurs spesial hari itu, yaitu TWD 1 = IDR 505. Selanjutnya pada saat gajian tanggal 25 Februari dan 25 Maret, Ibu Ani tinggal mengangsur Pinjaman Talangan Gaji PMI ke BRI Taipei Branch.
Sehingga, total biaya yang dibayarkan oleh Ibu Ani sebagai berikut:

image.png
image.png

Syarat pengajuan Pinjaman Talangan Gaji PMI sebagai berikut:
1.    Copy KTP Indonesia
2.    Copy ARC
3.    Copy Paspor
4.    Copy Daftar Gaji/Slip Gaji
5.    Copy Kontrak Kerja yang dilegalisir Agency, MOL, dan KDEI
6.    Rekening Tabungan di BRI Indonesia dengan Saldo sebesar minimal Pinjaman

Simulasi Pinjaman:

image.png

Masih bingung? Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pinjaman Talangan Gaji PMI dapat hubungi:

  1. Baiquni  (0902054142-Call/+62816509490-WA)

  2. Rendra   (0902054140)

  3. Norman  (0902054287)

Atau datang langsung ke Kantor BRI Taipei Branch.

Sedangkan untuk informasi lainnya seperti Tabungan, Kartu ATM, BRImo, Cetak Rekening, Weekend Banking, Pengiriman Uang dan lain-lain, dapat menghubungi WA Bagian Operasional BRI Taipei Branch di nomor +886903159070 atau melalui LINE @britaipei

Sanggahan:

  1. Tingkat bunga pinjaman tahunan sebesar 15,99%, dan total biaya terkait sebesar NT$ 300.

  2. Persentase tahunan dari total biaya pinjaman ini adalah 19,54% ~ 28,35%. Persentase ini didasarkan pada jumlah pinjaman sebesar NT$20,000 dengan jangka waktu pinjaman 2 ~ 6 bulan.

  3. Produk ini khusus hanya diberikan untuk Pekerja Migran Indonesia yang berada di Taiwan.

  4. Semua penawaran di atas memiliki tingkat bunga anuitas.

  5. Maksimal Jangka Waktu Pinjaman adalah 6 (enam) bulan.

  6. Persentase tahunan dari total pengeluaran tidak sama dengan tingkat bunga pinjaman. Tingkat persentase tahunan yang diungkapkan dalam iklan ini dihitung berdasarkan contoh perhitungan standar yang tersedia untuk referensi oleh otoritas yang berwenang. Persyaratan pinjaman sebenarnya masih tergantung pada produk yang disediakan oleh bank, dan tingkat persentase tahunan aktual untuk setiap pelanggan masih bergantung pada produk pinjaman individu dan kondisi kreditnya. berbeda. Tanggal dasar penghitungan persentase tahunan dari total biaya iklan adalah 31 Desember 2023. Tanggal dasar penghitungan persentase tahunan dari total biaya dan persentase tahunan di masa depan akan bervariasi tergantung pada periode peminjaman aktual, penyesuaian suku bunga, dan faktor lainnya.

  7. Kurs yang terdapat di iklan ini hanya untuk referensi. Kurs sebenarnya akan mengikuti kurs pada hari transaksi.

  8. Bank berhak menyetujui atau menolak pinjaman tersebut. Bank berhak menentukan kondisi suku bunga individual, batas pinjaman dan jangka waktu pinjaman berdasarkan status kredit pemohon dan kondisi pasar. Pengungkapan di atas hanya merangkum beberapa syarat Pinjaman PMI. Untuk persetujuan lebih rinci, silakan lihat Surat Perjanjian Pinjaman PMI BRI Taipei Branch. Untuk rincian dan batasan terkait, silakan kunjungi BRI Taipei Branch atau hubungi Pusat Layanan Pelanggan di: 02-2721-6330, situs web: www.britaipei.com

bottom of page